Tips Menangani Serangan Kram Pada Jari Kaki


Kram kaki umumnya menyerang sisi betis. Namun, juga bisa berlangsung cuma pada jari kaki. Keadaan ini pasti dapat mengganggu bila berlangsung saat Anda sedang berdiri atau berjalan. Lalu, bagaimanakah cara menangani kram jari kaki? Bagaimana juga langkah mencegahnya supaya tidak kumat? 

Langkah menangani kram pada jari kaki 

Jika ingin terlepas dari kram pada jari kaki, Anda pasti harus tahu lebih dulu sebabnya. Biasanya, kram jari kaki waktu berjalan umumnya ada sebab menggunakan sepatu yang sempit. 

Kram jari kaki dapat juga berlangsung sebab keadaan medis tersendiri, seperti dehidrasi, luka otot, arthritis, serta perputaran darah di kaki yang jelek. 

Supaya sembuh bertambah cepat, Anda dapat ikuti cara-cara menangani kram pada jari kaki di bawah ini. 

1. Kompres dengan air hangat atau es 

Kram dapat mengisyaratkan otot seputar jari kaki Anda menegang. Nah, langkah menanganinya yaitu dengan mengompres kaki. Sediakan handuk yang di rendam di air hangat, selanjutnya lekatkan pada jari yang memiliki masalah. 

Suhu panas bisa kurangi kemelut pada kaki serta lancarkan saluran darah hingga kram semakin lebih cepat lenyap. Tidak hanya mengompres, Anda dapat juga merendam kaki dengan kombinasi air hangat serta garam epsom. 

Tidak hanya kompres hangat, es batu dapat juga dipakai untuk menurunkan jari kaki dari kram. Triknya, bungkus es batu dengan handuk serta lekatkan pada jari kaki. Suhu dingin dapat juga kurangi rasa ngilu yang ada waktu kram. 

Diamkan kompres air hangat atau es itu sepanjang 20 menit. Jangan lebih dari itu sebab bisa mengiritasi kulit. 

2. Minum obat pereda ngilu 

Langkah menangani ngilu karena kram pada jari kaki yang termudah ialah minum obat pereda ngilu. Ini lebih direferensikan pada Anda yang rasakan kram kronis sebab arthritis atau luka. 

Anda dapat pilih ibuprofen atau aspirin untuk diminum. Tetapi, jangan beri aspirin untuk beberapa anak atau meminum dalam periode panjang tanpa ada pengawasan dari dokter. 

3. Minum air putih selekasnya 

Walau jarang-jarang, kram dapat jadi satu diantara sinyal Anda alami dehidrasi. Jadi, untuk menanganinya, Anda harus kembalikan cairan badan yang hilang dengan minum air putih. 

Coba untuk minum satu gelas air putih sekalian beristirahat sesaat sampai kram pulih. Tidak hanya untuk memberi dukungan pemulihan badan dari kram, melatih diri untuk banyak minum air putih bisa menahan kram kembali hadir. 

4. Berikan pijatan lembut 

Memberikan pijatan lembut dapat jadi langkah ampuh untuk menangani kram pada jari kaki. Umumnya, kram ini dikarenakan oleh kemelut otot. 

Pijat perlahan-lahan dengan memberikan desakan dari tungkai sampai ke pergelangan jari Anda supaya otot tidak kejang. Anda bisa memakai minyak telon bayi atau minyak mendasar waktu memijat kaki. 

5. Coba berdiri atau bebaskan sepatu 

Dikutip dari situs Cleveland Clinic, jika kram jari kaki berlangsung saat berbaring, selekasnya ganti tempat Anda jadi berdiri. 

Berikan beban pada jari kaki yang kram dengan buku memiliki ukuran tebal, contohnya. Langkah berikut kadang ampuh untuk menangani jari kaki yang kram. 

Sesaat bila Anda kram saat berdiri, cepatlah duduk dengan meluruskan kaki ke depan. Semakin lebih baik bila Anda buka sepatu serta ikatannya, untuk kurangi desakan serta kekakuan pada kaki.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menangani Serangan Kram Pada Jari Kaki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel