Kimchi yang Asam Ternyata Memiliki 3 Manfaat Ini loh


Kimchi ialah asinan sayur (sawi putih serta lobak) hasil fermentasi. Sesudah digarami serta dicuci, sayuran digabung dengan bumbu, seperti kecap ikan, bawang putih, jahe, udang kecil, serta bubuk cabai merah. 

Tidak hanya dikonsumsi langsung, kimchi seringkali jadikan bumbu penambahan pada masakan lain, misalnya sup kimchi atau nasi goreng kimchi. Serta, makanan ini jadi topping serta isian makanan terkenal seperti pizza, pancake, atau burger. 

Kimchi sebetulnya sama dengan acar yang umumnya diberikan bersama dengan nasi goreng atau martabak, yakni mempunyai cita rasa yang asin serta asam. Namun, rasa kimchi tambah lebih kuat ditambah lagi rasa pedas dari bubuk cabai. 

Satu bagian kimchi (100 gr) memiliki kandungan 7 gr karbohidrat, 17 kalori, 3 gr serat serta tidak memiliki kandungan lemak. 

Ingin tahu dengan faedah kimchi? Berikut nutrisi serta manfaat kimchi buat kesehatan berdasar studi pada Journal of Medicinal Food. 

1. Memiliki kandungan bakteri yang ramah untuk usus 

Makanan fermentasi terkenal dengan kandungan probiotiknya, yaitu bakteri baik untuk skema pencernaan. Nah, kimchi mempunyai faedah ini. 

Dengan makan kimchi, badan Anda akan memperoleh konsumsi probiotik yang bisa jaga kesetimbangan mikroba di usus sekaligus juga tingkatkan peranan usus. 

Usus yang sehat bisa menyerap nutrisi makanan lain dengan optimal. Anda mungkin beresiko lebih rendah terserang permasalahan sakit perut atau diare. Kandungan serat dari makanan fermentasi ini menghindarkan Anda dari sembelit. 

2. Tingkatkan skema imun serta berbentuk anti-aging 

Tidak hanya memiliki kandungan probiotik, kimchi memiliki kandungan klorofil, fenol, karotenoid, serta vitamin C. Semua nutrisi kimchi itu memberi faedah buat skema imun serta kesehatan kulit. 

Vitamin C bisa menggerakkan skema kebal badan lebih kuat dalam menantang infeksi. Gabungan vitamin C serta anti-oksidan yang lain menolong kurangi radikal bebas serta merangsang produksi kolagen. 

Kolagen ialah protein yang diperlukan kulit supaya masih kenyal serta elastis. Ke-2 faedahnya ini dapat perlambat proses penuaan kulit. 

3. Punya potensi menahan kanker 

Kimchi datang dari sayuran sawi. Sayuran ini terhitung dalam kelas sayuran cruciferous, yaitu barisan sayur yang memiliki kandungan senyawa antikanker. 

Periset mengatakan senyawa yang berbentuk antikanker pada sawi ialah b-sitosterol serta asam linoleat. Faedah kimchi ini benar-benar maksimal jika keadaan kematangan kimchi serta proses fermentasinya sesuai dengan (kimchi tidak masak atau masih mentah).

Belum ada Komentar untuk "Kimchi yang Asam Ternyata Memiliki 3 Manfaat Ini loh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel