Mengenal Dewatering Kontruksi dan Metode yang Digunakan

Mengenal-Dewatering-Kontruksi-dan-Metode-yang-Digunakan
Foto dari Canva Photos Unlimited
Dalam membangun sebuah konstruksi bangunan tentu harus benar-benar menggunakan perhitungan yang tepat. Apalagi jika lokasi pembangunan merupakan tanah dengan kandungan debit air yang lumayan banyak. Maka dari itu diperlukan suatu proses dewatering. 

Apa itu proses dewatering? 

Proses dewatering merupakan sebuah proses untuk mengurangi kandungan air tanah selama proses pembangunan konstruksi. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi longsoran akibat adanya aliran air di dalam tanah. Dalam menjalankan proses dewatering ini tidak bisa dilakukan sekaligus dan juga sembarangan. Maka dari itu, diperlukan seorang tim ahli yang mengerjakannya. Kini, banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa dewatering tambang dan konstruksi sebagai upaya untuk membantu Anda ketika proses pembangunan. 

Metode dewatering konstruksi yang umum digunakan 

Secara umum, ada tiga metode yang sering digunakan dalam proses dewatering konstruksi yakni sebagai berikut: 

1. Metode predrainage 

Metode pertama ini pada prinsipnya melakukan penurunan kadar air tanah terlebih dahulu sebelum akhirnya dilakukan penggalian. Metode predrainage ini sangat pas apabila dilakukan pada tanah dengan kondisi cadas lunak yang mana memiliki celah yang sangat banyak dan butir tanah yang seragam. Tidak hanya itu, metode ini juga pas diterapkan pada tanah yang sensitif terhadap erosi. Efek negatif metode ini adalah kebisingan dan juga polusi yang sangat mengganggu. Selain itu, jika dibandingkan dengan metode lain, predrainage merupakan metode yang prosesnya sangat lama. 

2. Metode open pumping 

Inilah metode yang umum digunakan oleh para penyedia layanan dewatering konstruksi. Metode open pumping biasanya digunakan pada tanah dengan kondisi padat, bergradasi, dan berkohesi. Prinsip kerja metode open pumping adalah dengan mengumpulkan air dan juga rembesan menggunakan kolektor dan kemudian dibuang. Metode ini paling umum digunakan karena biayanya yang cukup murah dan waktu pengerjaan yang lumayan cepat. 

3. Metode cut off 

Metode ini dinilai menjadi metode dewatering terbaik lantaran tidak menyebabkan penurunan tanah serta tidak mengganggu sumber air daerah sekitar. Meski begitu, biaya yang harus dikeluarkan lumayan tinggi. 

Sewatama sebagai penyedia jasa dewatering memberikan solusi bagi Anda yang ingin membangun sebuah konstruksi bangunan seperti gedung, pabrik, apartemen dan lain sebagainya. Dijamin hasil kerja kami maksimal sesuai dengan apa yang Anda harapkan karena kami didukung oleh tim yang sudah sangat mumpuni.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Dewatering Kontruksi dan Metode yang Digunakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel