Tips untuk Menghindari Starter Listrik Cepat Rusak

Tips-untuk-Menghindari-Starter-Listrik-Cepat-Rusak
Foto dari Canva Photos Unlimited
Pada era modern ini semua kendaraan roda dua pasti dilengkapi dengan switch starter. Komponen yang berfungsi untuk menghidupkan mesin ini mungkin tidak dihitung sebagai komponen utama dalam sepeda motor. Namun, jika bagian ini tiba-tiba tidak berfungsi tentu pemiliknya akan kesusahan, apalagi bagi orang yang tidak terbiasa menggunakan kick starter. Nah, daripada harus mengalami hal tersebut, maka akan lebih baik jika bisa mencegahnya. Oleh karena itu, simak tips menghindari starter listrik cepat rusak berikut supaya starter tetap awet. 

1. Rutin mengecek kondisi Aki 

Aki berperan penting dalam memasok kebutuhan listrik pada switch starter, sehingga saat tegangan aki berkurang atau habis maka ada kemungkinan starter tidak bisa digunakan. Kebanyakan motor keluaran baru menggunakan aki kering yang tergolong awet, namun saat servis motor tak ada salahnya apabila Anda mengecek tegangan pada aki agar kelistrikan pada motor Anda tetap terjaga. 

2. Jangan Terlalu Sering Mengandalkan Switch Starter 

Switch starter pada dasarnya bukanlah komponen permanen yang tidak bisa rusak, seiring banyaknya pemakaian, komponen ini pun pasti juga perlu diganti dengan yang baru. Tips menghindari starter listrik cepat rusak kali ini akan mengajak Anda agar menggunakan tombol starter secara bijak. Jika mesin tak kunjung hidup dengan menekan 2-3 kali switch starter, maka cobalah untuk menggunakan kick-starter. Selain itu penggunaan kickstarter juga bermanfaat bagi motor yang menggunakan karburator, terutama pada saat pemanasan. 

3. Kombinasikan Switch Starter Dengan Gas Saat Menyalakan Mesin 

Masih erat hubungannya dengan poin ke dua, yaitu untuk mengurangi pemakaian tombol starter. Pada beberapa jenis motor menghidupkan mesin dalam kondisi dingin terkadang bisa menjadi hal sangat menguras waktu, sehingga membuat pemiliknya terpaksa menggunakan switch starter secara berulang-ulang. 

Demi mempermudah menyalakan mesin, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol starter dan choke pada posisi setengah untuk mencegah mesin tidak mati kembali. Namun bila motor Anda tidak memiliki choke, Anda bisa menggunakan bantuan sedikit gas begitu mesin berhasil dihidupkan. Supaya lebih aman saat melakukan tips menghindari starter listrik cepat rusak berikut, pastikan motor dalam gigi 0, dan terus memegang rem supaya kendaraan tidak lepas kendali. 

Belum ada Komentar untuk "Tips untuk Menghindari Starter Listrik Cepat Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel