Penting! Begini Cara Mengurus STNK Motor Modifikasi

Penting-Begini-Cara-Mengurus-STNK-Motor-Modifikasi

Motor Anda sudah dimodifikasi dan otomatis datanya sudah tidak sama dengan yang ada di STNK? Tenang saja, karena saat ini Anda bisa mengurus STNK sesuai dengan modifikasi agar nantinya tidak ditilang. Bagaimana cara mengurus STNK motor Modifikasi? Untuk Anda yang ingin tahu, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Syarat dan Ketentuan

Syarat pertama, apakah motor Anda ini kustimasinya diubah mesinnya atau hanya diubah bagian body-nya saja. jika Anda hanya mengubah body, warna atau bentuknya saja, maka motor tersebut masih diperbolehkan untuk berjalan di jalan umum.

Namun, Anda juga harus mengantongi syarat yakni surat keterangan resmi dari bengkel yang melakukan modifikasi dan bengkel tersebut sudah resmi terdaftar. Jika Anda ingin mengurus STNK karena mengubah body, maka nanti perubahan STNK tersebut masuk dalam kategori rubentina atau rubah bentuk ganti warna.

Uji Kelayakan

Sedangkan jika motor yang Anda modifikasi ini sudah diubah bagian mesinnya. Baik itu mengubah kapasitas mesin atau jumlah silinder dan lain sebagainya. Maka, Anda di sini harus meminta surat izin dari kementerian perhubungan dan melakukan uji kelayakan terlebih dahulu.

Nah, jika nantinya Anda sudah mendapatkan surat keterangan dari uji kelayakan kendaraan dan dinyatakan lulus uji. Maka, Anda sebagai pemilik motor bisa datang langsung ke samsat untuk melakukan proses registrasi dan identifikasi ulang dari kendaraan yang Anda miliki.

Tujuannya adalah untuk mengubah atau membuat BPKB dan STNK yang baru sesuai dengan modifikasi kendaraan yang dilakukan. Jika sudah demikian, maka kendaraan tersebut bisa Anda gunakan di jalan umum tanpa takut ditilang

Sanksi Modifikasi Motor Tanpa Izin

Nah, untuk Anda yang melakukan modifikasi motor tanpa meminta izin, maka nantinya Anda akan dikenakan sanksi. Hal ini sesuai dengan Pasal 277 UU No. 22 tahun 2009 yang menyatakan bahwa:

Pihak yang melanggar atau melakukan modifikasi motor tanpa melakukan izin, maka ia akan diberikan sanksi pidana berupa penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah).

Mau didenda segitu banyak atau dipenjara satu tahun? Yuk untuk Anda yang kendaraannya dimodifikasi segera urus STNK-nya. Cara mengurus STNK motor modifikasi juga mudah kok agar Anda selamat di jalan dan tidak kena tilang.

Belum ada Komentar untuk "Penting! Begini Cara Mengurus STNK Motor Modifikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel