Mengenal Ketentuan Bagasi Pesawat dan Tips Agar Bagasi Tidak Over

Mengenal-Ketentuan-Bagasi-Pesawat-dan-Tips-Agar-Bagasi-Tidak-Over

Seperti yang sudah menjadi peraturan dalam penerbangan, Anda diberikan batasan bagasi per orangnya. Jadi naik pesawat pun ada aturannya dalam membawa jumlah maksimal barang bawaan. Anda yang belum pernah naik pesawat mungkin masih asing dengan istilah bagasi pesawat. Untuk itu, yuk simak bagaimana sih ketentuan bagasi pesawat tiket Citilink dan bagaimana juga tips agar bagasi kita tidak over.

Ketentuan Bagasi Penumpang Masing-Masing Maskapai Besar

Berbicara mengenai bagasi pesawat, kapasitas ini adalah kapasitas yang diberikan oleh maskapai kepada para penumpangnya dalam membatasi barang bawaan. Jadi misalkan maskapai A memberlakukan kapasitas bagasi pesawat 10 kg per orangnya, maka jumlah berat koper yang boleh Anda bawa totalnya adalah 10 kg. Jika Anda membawa barang yang beratnya lebih dari kapasitas tersebut, maka terpaksa Anda harus membayar kelebihannya.

Masing-masing maskapai tentu memiliki kebijakan tersendiri terkait kapasitas bagasi pesawat. Ada maskapai yang memperbolehkan setiap penumpangnya membawa barang mencapai 20 kg, namun ada juga maskapai yang hanya mengizinkan penumpangnya membawa bagasi gratis sekitar 10 kg saja.

Bagi Anda yang sudah memesan tiket Citilink, tentu Anda harus tahu berapa sih biaya yang harus Anda keluarkan ketika melebihi kapasitas bagasi gratis yang diberikan maskapai. Adapun lama penerbangan juga mempengaruhi besaran biaya yang harus Anda keluarkan jika bagasi lebih dari 10 kg untuk penerbangan Internasional dan 20 kg untuk domestik.

Untuk sekedar informasi saja, Citilink memberlakukan tarif sekitar 20 ribu rupiah / kilo untuk penerbangan antara 1 – 1,5 jam. Adapun untuk penerbangan dari 1,5 jam – 2 jam, Anda akan dikenakan tarif 25 ribu per kilo. Hal ini berlaku sampai penerbangan lebih dari 5 jam dimana Anda akan dikenai tarif sekitar 50 ribu rupiah per kilonya.

Agar Bagasi Tidak Over

Mengingat ketentuan masing-masing maskapai, tentu Anda harus tahu bagaimana tips mengatur bagasi agar tidak melebihi kapasitas maksimal bagasi pesawat yang Anda tumpangi. Adapun caranya adalah sebagai berikut, yaitu :

1. Memilih Koper yang Ringan

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memilih koper yang ringan. Seperti yang Anda tahu, bobot bagasi tidak hanya diperhitungkan dari seberapa berat barang bawaan Anda, tapi juga dari seberapa berat koper yang Anda bawa. Jika koper yang Anda pilih sudah mencapai 5 kg sendiri, tentunya hal ini akan membuat bawaan Anda menjadi lebih sedikit dibanding memilih koper yang beratnya hanya 2 – 3 kg saja.

2. Bawa Tas Ransel atau Tas Jinjing

Cara kedua agar bagasi tidak over adalah dengan membawa tas ransel atau tas jinjing. Dengan cara ini, Anda bisa memasukkan benda-benda kecil dan penting ke dalam tas ransel agar tidak terhitung dalam bagasi pesawat. Selain itu, membawa tas ransel juga berguna untuk memanfaatkan fasilitas bagasi kabin dimana umumnya diberikan antara 6 -7 kg gratis biaya.

3. Pakai Jaket yang Banyak Kantung

Memakai jaket yang banyak kantung juga bisa menjadi trik jitu. Anda bisa memasukkan ponsel, dompet, hingga pasport ke dalam kantung jaket agar tidak terhitung masuk dalam bagasi pesawat. Selain itu, memakai jaket ketika di pesawat juga dirasa menguntungkan karena Anda tidak akan kedinginan ketika pesawat ada di ketinggian tertentu.

Demikian ulasan mengenai ketentuan bagasi pesawat dan salah satunya dari maskapai yang menerbitkan tiket Citilink. Semoga ulasannya bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Ketentuan Bagasi Pesawat dan Tips Agar Bagasi Tidak Over"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel